Ternyata Kita Belum Merdeka, Bunda

0 Comments
 

Allah swt Berfirman,
وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكاً وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS.Thaha:124).

Pantas saja hidup kita sempit, bunda. Ternyata karena inilah penyebabnya. Kita berpaling dari peringatan Allah. Diberi tahu, tapi kita abaikan. Allah cegah kita berbuat kerusakan, malah kita lakukan pelanggaran. Jika hal seperti itu terus menerus terjadi, bisa dipastikan kehidupan kita akan sempit. Pantas saja, rupanya kita sendiri yang menciptakan 'kesempitan' itu.

Lihat dalam rumah kita, bunda. Adakah pelanggaran masih kita kerjakan. Diskusikan dengan suami, adakah beliau pulang dengan membawa nafkah dari cara yang haram? Perhatikan pergaulan anak-anak kita. Sudahkah terjaga atau belum pergaulan mereka. Masihkah terjadi ikhtilat atau khalwat? Bagaimana dengan pakaian kita, sudah tepatkah menutup aurat seperti yang diperintahkan Allah pada QS. Al ahzab ayat 59 dan QS. An nur ayat 31?

Jika belum, segera perbaiki bunda. Kerja sama dengan seisi rumah untuk menegakkan Islam. Pastikan bahwa keluarga kita aman dari azab Allah yang pedih. Jika sudah, mulai melihat keluar rumah. Perhatikan bagaimana tetangga kita, karib kerabat dan teman-teman berinteraksi dengan Islam. Sudahkah mereka menjadikan Allah dan rasulnya nomer 1 dibandingkan semua kepentingan mereka? Jika belum, perbaikilah bunda melalui aktifitas dakwah.

Kemudian lihat bagaimana kondisi masyarakat secara keseluruhan. Lihat kondisi umat. Apakah mereka bisa beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Apakah mereka sejahtera, tercukupi pangan, sandang dan papan? Jika belum, perhatikan bunda apa yang terjadi? Kaitkan dengan ayat di atas tadi, apakah penguasa kita berpaling dari tuntunan Allah?

Jika benar, berarti kita harus menyeru kepada penguasa agar kembali kepada Allah. Mengoreksi penguasa. Karena mereka kelak akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah. Dan itu sangat berat bagi penguasa. Di tangan merekalah tanggung jawab pengurusan umat itu dibebankan. Jangan lupa bunda, bukan hanya shalat, puasa dan zakat yang diperintahkan Allah dan dicontohkan rasul. Pengurusan umat pun mengikuti panduan itu. Harus sesuai dengan Alquran dan mengikuti petunjuk rasul.

Jika ini sudah dikerjakan, maka atas izin Allah kehidupan kita tidak lagi sempit. Inilah merdeka yang sesungguhnya. Kemerdekaan yang hakiki yaitu berada dalam ketaatan dan tunduk pada Rab Pencipta alam semesta.

Cirebon, 17/8/2018

#sarapankata
#kmobatch14
#kmoIndonesia
#Indonesiamenulis
#day25





You may also like

No comments:

Powered by Blogger.