Bunda Tangguh

0 Comments

Allah SWT berfirman:
"Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),"
(QS. Al-Insyirah 94: Ayat 7).

Perintah Allah, seperti itu bunda. Jika kita telah selesai pada satu urusan, maka bersungguh-sungguhlah pada urusan lain. Artinya kita tidak boleh berhenti, bunda. Harus terus memusatkan perhatian kita untuk mendapat rida Allah. Mencari cara agar Allah sayang pada kita.

Masalah seolah datang dan pergi. Sebentar istirahat, beres satu persoalan. Kemudian akan muncul hal baru. Sejatinya memang seperti itulah kehidupan ini, bunda. Tak perlu kecil hati. Diberi ujian, sebelum kita naik kelas. Husnuzon saja bunda, bahwa ujian untuk anak SMP tak mungkin diberikan pada anak SD. Artinya semua soal yang ujian yang harus kita jawab, adalah kapasitas kita untuk menyelesaikannya.

Bukankah indah bunda, jika kita berpikir seperti itu?
Maka kita tidak menjadi gelisah atau berburuk sangka pada Allah. Karena pada saat ujian pun, kita tidak mungkin dibiarkan sendiri oleh Allah. Dia selalu punya banyak cara untuk menolong kita melalui hal yang tidak terduga.

Allah SWT berfirman:
فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا 
"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,"
(QS. Al-Insyirah 94: Ayat 5)

Belum lagi bantuan dari bala tentara Allah yang bermacam wujudnya, siap sedia mengulurkan tangan membantu kita. Ada yang datang memberi bantuan materi, ada yang berupa tenaga, ada pula dengan pelukan dan telinga yang siap mendengar di saat dada kita terasa penuh sesak. Lihatlah bahwa Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya yang beriman itu, sendiri.

Lalu apa yang harus kita lakukan, bunda?
Tetap kuatkan keimanan kita. Istiqomah. Percaya bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Berkuasa untuk memberi ujian, juga kuasa meluluskan kita dari ujian. Dengan syarat, jangan nyontek ya bun, jangan curang. Tetap berpegang pada syariat.

Cari lingkungan yang kondusif, yaitu sahabat-sahabat surga. Sahabat ini kelak akan saling menarik tangan kita untuk masuk ke dalam surga dan terhindar dari neraka. Sahabat surga menyelamatkan kita di dunia dan di akhirat. Mereka menjaga keimanan kita agar tetap subur terpelihara.

Tetap semangat ya bunda. Tidak ada yang abadi di dunia ini, tidak juga masalah-masalahmu. Semua akan berakhir. Jadilah bunda tangguh. Pastikan masalah selesai karena kita naik kelas ya bunda.
Wa ila robbika farghob.

Cirebon, 14/8/2018

#sarapankata
#kmobatch14
#kmoIndonesia
#Indonesiamenulis
#day22



You may also like

No comments:

Powered by Blogger.